Rabu, 16 Maret 2011

Menggunakan Google Webmaster Tools

Pernah dengar Google Webmaster Tools? Google Webmaster Tools bisa sangat membantu webmaster untuk mengetahui dengan keyword apa user mengunjungi website, dari mana, melihat apakah web kita tercantum di Google Search Engine, kapan web kita dikunjungi oleh Google Bot untuk mengindex web site kita, dan lain-lain. Btw, Google Webmaster Tools bisa diakses di http://www.google.com/webmaster. Artikel ini akan bercerita bagaimana menggunakan Google Webmaster Tools.
Google Webmaster Tools disediakan gratis untuk semua orang, jadi anda juga bisa mendaftar. Silahkan kunjungi Google Webmaster Tools. Klik pada link Webmaster Tools (Including Sitemaps). Anda akan diminta memasukkan account Google anda, anda juga bisa menggunakan account Google Mail untuk login. Kalau belum ada, anda harus mendaftar dulu.
Untuk menggunakan fasilitas Google Webmaster Tools, anda harus mendaftarkan alamat web anda. Isi kolom Add Site dengan alamat website yang lengkap (lengkat dengan http://www.), pada halaman selanjutnya anda harus melakukan verifikasi website. Ada dua cara untuk verifikasi, yaitu:
1. Masukkan meta tag yang diberikan ke halaman utama website.
2. Upload file yang diberikan oleh Google Webmaster Tools ke server website.
Setelah melakukan salah satu cara di atas, klik tombol Verify. Setelah itu, tunggu. Tunggu beberapa beberapa jam supaya Google mengindex webmu.
Tips Verifikasi Google Webmaster Tools untuk WordPress
Jika anda menggunakan WordPress sebagai blog anda, Anda tidak perlu melakukan upload. Cukup anda membuat New Page dengan judul sesuai dengan nama file yang diberikan oleh Google Webmaster Tools. Halaman ini bisa dihapus atau statusnya dibuat Private setelah Google berhasil mengindex web anda.
Jadi untuk menggunakan Google Webmaster Tools, anda cukup mendaftar, meverifikasi web anda dan membuat Sitemap.

0 komentar: