Sabtu, 02 April 2011

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer
Mungkin tidak pernah terpikir, seperti apa awalnya komputer yang Anda gunakan saat ini? Sebenarnya, komputer telah lama diciptakan orang, yaitu sekitar tahun 1940-an. Menurut eranya, komputer terbagi menjadi beberapa generasi sebagai berikut.
1. Generasi pertama (1940–1959)
Komputer generasi pertama mempunyai ukuran sangat besar dan terdiri dari tabung-tabung vakum (hampa gas) untuk memproses dan menyimpan pesan. Tabung vakum tersebut seperti lampu-lampu kecil yang cepat panas dan mudah terbakar. Sekitar tahun 1937-1942, muncullah ABC, komputer digital elektronik pertama yang diciptakan oleh Jhon V.
Atanasoff dan Clifford Benry. Sekitar tahun 1946, Dr. John Mauchly dan Presper Eckert menciptakan ENIAC (electronic numerical integrator and calculator) yang membutuhkan tempat cukup besar (sekitar 140 m2, dengan berat 30 ton, daya 130 kilowatt, dan 1.800 tabung vakum).
Setelah ENIAC diciptakan, Dr. John Mauchly dan Presper Eckert mencoba teknologi komputer yang lebih baik, yaitu EDVAC (electronic discrete variabel automatic computer). Teknologi ini telah mengurangi pemakaian tabung vakum sehingga kemampuannya lebih baik. Munculnya teknologi EDSAC (electronic delay storage automatic calculator) yang menggunakan raksa dan tabung vakum sebagai penyimpan data atau pesan, membuat teknologi komputer semakin berkembang.
Pada tahun 1951, Dr. John Mauchly dan Presper menciptakan UNIVAC1 (universal automatic calculator), yaitu komputer pertama untuk memproses data perdagangan dengan teknologi yang menggunakan raksa sebagai penyimpan. Tahun 1953 diluncurkan IBM 701 dan tahun 1959 diluncurkan pula IBM 650 sebagai teknologi terbaru pada era tersebut.
2. Generasi kedua (1959-1964)

Pada generasi kedua, komputer menggunakan transistor dan diode. Tabung-tabung vakum yang mudah rusak atau terbakar tidak dipakai lagi. Selanjutnya, cara terbaru pada generasi kedua adalah menggunakan teras magnetik sebagai penyimpan data atau pesan.
Pada era ini, sudah digunakan bahasa tingkat tinggi, yaitu FORTRAN (1954) dan COBOL (1959) sebagai pengganti bahasa mesin. Komputer diciptakan lebih kecil, lebih murah, dan digunakan untuk memproses data di bidang perdagangan dan militer, juga di universitas.
Komputer yang dikenal pada era ini adalah IBM 1400 yang diciptakan oleh John Bardeen, William Shockley, dan Walter Brattain. Teknologi selanjutnya adalah UNIVAC M460, IBM 7090, IBM 7094, NCR 315, dan BURROUGHS 5000.
Generasi ketiga (1964–1980)
Pada generasi ketiga, IBM (international business machine) memperkenalkan sistem 360 yang menggunakan teknologi terpadu dengan meletakkan beribu-ribu transistor pada keping silikon, biasa dikenal dengan large scale integration (LSI).
Bahasa yang digunakan adalah BASIC dan PASCAL. Pada generasi ketiga ini, komputer telah mencapai era mini komputer. Komputer yang dikenal pada era ini, yaitu IBM 360 (1964), minikomputer— PDP-8 (1965), ICL 1900 (international computer limited), dan VAC 9000.
Generasi keempat (1980 )
Komputer generasi keempat telah mencapai teknologi mikroelektronik atau lebih dikenal masyarakat umum dengan cip atau IC. Teknologi ini meletakkan ribuan transistor dalam satu keping silikon melalui proses LSI.
Transistor digunakan sebagai bahan logika komputer. Komputer yang dikenal pada era ini adalah Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair. Komputer generasi keempat sudah sangat maju, seperti halnya komputer yang ditemukan sekarang, mulai dari Prosessor 8086, 80286, 80386, 80486, Pentium, Celeron, Pentium II, Pentium III, dan Pentium 4.
Untuk generasi berikutnya, mungkin akan dijumpai komputer yang sangat canggih dan kecil, atau komputer yang dapat mengerti keinginan penggunanya.
 Generasi Kelima (1982 – …)
Komputer generasi kelima menggunakan komponen elektronik bentuk paling baru dari CHIP VLSI.Program dibuat dalam Bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).
Komputer generasi kelima difokuskan kepada Artificial Inteligence (kecerdasan buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analogi tingkah laku manusia.
Ciri-cirinya:
• Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
• Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.
• Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logik.
• Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
• Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan.
• Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Menteri Perindustrian dan Perdagangan Jepang mempunyai inisiatif untuk membuat proyek komputer generasi kelima dengan nama PIM. Gambar menunjukkan komputer generasi kelima, PIM.

0 komentar: